Nasi liwet Sunda

5 Makanan Khas Sunda yang Kelezatannya Dijamin Tak Tertandingi

Popularitas makanan khas Sunda memang selalu identik dengan cita rasa manis. Padahal, tidak sedikit juga kuliner tanah pasundan yang menyajikan sensasi gurih asin, asam segar bahkan pedas menggigit. Berbicara mengenai masakan lokal Sunda memang tidak ada habisnya karena jenisnya cukup banyak. Selain itu, soal rasanya juga tidak perlu diragukan lagi karena dijamin tak tertandingi. Apabila Anda penasaran, berikut ini adalah beberapa daftar masakannya.

Nasi timbel

Nasi timbel
Nasi timbel

Salah satu kuliner lokal Sunda dengan cita rasa kuat dan unik yang direkomendasikan untuk Anda adalah nasi timbel. Dahulu, makanan ini dihidangkan untuk para petani yang sedang beristirahat sejenak dari aktivitas menggarap sawah. Namun, sekarang siapapun bisa menikmati hidangan yang identik dibungkus menggunakan daun pisang ini.

Nasi timbel sendiri umumya disajikan dengan berbagai lauk pauk yang cukup bervariasi. Diantaranya adalah berupa ikan asin, pepes ikan, ayam goreng, ampela, tawes serta japuh. Selain itu, kesedapan dari masakan ini akan lebih terasa bila Anda menambahkan lalapan dan juga sambal.

Nasi liwet

Disamping nasi timbel, daerah Pasundan juga terkenal dengan makanan khasnya yang berupa nasi liwet. Sebenarnya, kuliner yang satu ini tidak sepenuhnya berasal dari Sunda karena di daerah Solo juga terdapat makanan dengan nama serupa. Meskipun, namanya sama tetapi kedua makanan ini mempunyai perbedaan mendasar. Nasi liwet di Solo dimasak dengan menggunakan bahan dasar berupa labu siam serta santan.

Nasi liwet Sunda
Nasi liwet Sunda

Sebaliknya, masyarakat Sunda memasak hidangan ini tanpa memakai campuran santan. Walau tidak menggunakan santan, cita rasanya masih cukup gurih berkat penggunaan bumbu rempah-rempah. Seperti batang serai, cabe rawit, bawang merah dan putih, jambal roti, daun kemangi serta salam. Agar cita rasa lezatnya semakin terasa, santap makanan ini dengan menu pelengkap lainnya. Mulai dari ikan asin maupun bakar, sayur asem dan gorengan tahu atau tempe.

Nasi tutuk oncom

Nasi tutuk oncom
Nasi tutuk oncom

Makanan khas Sunda berbahan dasar nasi selanjutnya adalah nasi tutug oncom. Sesuai namanya, proses pembuatan kuliner tradisional Tasikmalaya ini memang dilakukan dengan menumbuk nasi beserta oncom. Kemudian, pada saat penyajiannya terdapat beberapa lauk pauk pendamping yang melengkapinya. Semisal tahu dan tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur serta sambal terasi. Kelezatannya akan benar-benar terasa ketika Anda menyantap makanan ini dalam kondisi hangat.

Empal gentong

Empal gentong merupakan salah satu kuliner khas daerah pasundan khususnya Cirebon. Kuliner sederhana yang sudah cukup dikenal luas ini dibuat dengan bahan dasar berupa daging sapi. Rasanya akan terasa lebih lezat ketika Anda menyantapnya bersama daun kucai dan sambal ebi kering yang digiling. Selain itu, ada juga sebagian orang yang mencampurnya dengan nasi maupun lontong.

Empal gentong
Empal gentong

Proses pembuatan makanan yang satu ini cukup unik karena daging sapi akan dimasak di dalam gentong sesuai dengan namanya. Menurut beberapa pecinta kuliner, cita rasa yang ditimbulkan oleh daging sapi dari masakan ini cukup kuat. Kondisi ini tentu sangat wajar mengingat saripati bumbunya melekat di dalam gentong.

Bakakak ayam

Satu lagi makanan unggulan khas tanah pasundan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bakakak ayam. Kuliner ini diolah dengan menggunakan bahan dasar berupa ayam yang kemudian dicampur bumbu khusus agar cita rasanya lebih kuat. Lalu, proses memasaknya dilakukan dengan cara dipanggang.

Bakakak ayam
Bakakak ayam

Masakan yang satu ini memang menyajikan satu ekor ayam utuh sehingga bisa disantap oleh beberapa orang. Terdapat dua variasi menu pelengkap yang bisa dipilih, yaitu sambal merah maupun hijau. Jangan lupa juga untuk menyantapnya bersama lalapan sayur agar cita rasanya lebih spesial.

Pastinya Anda tentu tak sabar untuk mencoba makanan khas sunda yang satu bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *