6 Makanan Khas Maluku yang Wajib Anda Cicipi Saat Berlibur Kesana

Bukan hanya sekedar menikmati berbagai destinasi wisatanya, aspek menarik lainnya dari berlibur adalah mencoba kuliner daerah setempat. Maluku merupakan salah satu destinasi wisata alternatif di Indonesia bagian timur dengan keindahan alam yang luar biasa. Keindahan alam berupa pegunungan dan keaneka ragaman hayati bawah lautnya sungguh menarik untuk dikunjungi. Setelah puas berwisata, jangan lupa menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khas Maluku. Berikut ini adalah 6 kuliner khas Maluku yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Papeda

Papeda

Papeda

Dibandingkan dengan kuliner lokal Maluku lainnya, Papeda mungkin menjadi masakan yang paling populer. Papeda ini merupakan masakan yang diolah dengan menggunakan bahan baku berupa sagu. Lalu disajikan dengan ikan tongkol maupun mubara yang diberi bumbu tambahan kunyit. Kuliner yang satu ini memiliki ciri khas berupa tekstur lengker serta rasanya yang tawar. Tidak berhenti disini, keunikan dari Papeda juga terletak pada cara makannya yang unik yaitu dengan cara diseruputĀ langsung dari piringnya.

Nasi Lapola

Sejak zaman dahulu, orang Maluku memang menjadikan sagu sebagai makanan pokok mereka. Akan tetapi, ini bukan berarti mereka tidak mengkonsumsi nasi. Sebab ada salah satu sajian kuliner khas Maluku yang dibuat dengan menggunakan nasi. Masakan ini populer di masyarakat setempat dengan nama lapola.

Nasi Lapola

Nasi Lapola

Selain nasi sebagai bahan baku utama, nasi lapola juga dilengkapi dengan campuran bahan lainnya. Tujuannya tentu saja untuk menguatkan cita rasa kelezatannya. Beberapa bahan campuran yang digunakan meliputi kacang tolo rebus, kelapa parut dan garam. Nasi beserta bahan-bahan tersebut lalu diaduk rata untuk selanjutnya dikukus hingga matang.

Ikan komu asar

masakan Ikan komu asar

masakan Ikan komu asar

Wilayah Maluku memang berupa kepulauan yang didominasi oleh perairan. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila beberapa makanan khas Maluku kebanyakan berbahan dasar ikan. Salah satu kuliner yang disarankan untuk Anda coba ketika berkunjung kesana adalah ikan komu asar. Bahan baku masakan ini adalah ikan cakalang yang diolah dengan cara ditusuk tangkai bambu dan diasap. Kenikmatannya akan lebih terasa saat disantap bersama dengan nasi serta sambal colo-colo.

Sambal colo-colo

Sambal colo-colo

Sambal colo-colo

Bagi Anda pecinta pedas, kuliner sambal colo-colo tentu saja layak dicoba. Sambal colo-colo adalah menu pelengkap wajib bagi masyarakat Maluku yang terkenal sangat pedas. Bahan baku pembuatan sambal ini cukup sederhana dan mudah ditemui. Seperti cabe rawit, tomat, bawang merah, garam dan jeruk nipis. Tak hanya itu, bahan lain seperti daun kemangi, irisan kenari mentah dan kecap manis juga bisa ditambahkan. Pengolahan sambal ini juga relatif unik karena dilakukan tanpa diulek.

Bubur sagu ubi

Disamping papeda, sebagian dari Anda tentu sudah cukup familiar dengan makanan asli Maluku ini yaitu bubur sagu ubi. Keberadaan kuliner berbahan dasar sagu memang tidak mengherankan karena selain nasi masyarakat setempat menjadikan bahan ini sebagai makanan pokok. Sementara itu, proses pembuatannya harus dilakukan dengan merendam sagu di air hingga mengembang.

Bubur sagu ubi

Bubur sagu ubi

Setelah selesai, buang air rendaman kemudian ditiriskan. Lalu, rebus gula merah, gula pasir dan daun pandan ke dalam air sampai larut. Selanjutnya, sagu yang telah lunak dicampurkan ke dalam air rebusan tersebut. Terakhir, berikan santan kental serta taburan kenari supaya rasa bubur sagu ubi semakin lezat.

Kohu-kohu

Kohu-kohu

Kohu-kohu

Makanan khas Maluku yang satu ini sekilas memang mirip dengan urap di Jawa. Nama makanan yang cocok di lidah pecinta sayur mayur ini adalah kohu-kohu. Adapun bahan dasar dari masakan ini terdiri dari ikan teri, tauge, terong, kacang panjang rebus dan parutan kelapa. Berbagai bahan campuran ini selanjutnya ditambahkan dengan perasan jeruk nipis, cabe, bawang merah dan putih. Lebih nikmat lagi jika Anda menyantapnya bersama kasbi atau singkong rebus.

Nah, dari sekian banyak masakan khas Maluku di atas, mana yang menjadi makanan favorit Anda?

Leave a Reply