Nasi Ulam Betawi

Makanan Khas Betawi yang Terkenal Lezat, Beberapa Sudah Jarang Ditemui

Seiring dengan berkembangnya zaman, masyarakat Betawi memang semakin tersisih di tanah leluhur sendiri. Ini dibuktikan dengan banyaknya dari mereka yang menyingkir ke pinggiran kota Jakarta. Kondisi yang seperti ini tentu saja juga berpengaruh terhadap aspek lainnya seperti budaya bahkan makanan khas Betawi

Sebenarnya, kuliner asli Betawi banyak yang dikenal karena cita rasanya yang lezat terlebih khas. Namun beberapa diantaranya sudah sulit ditemukan kecuali pada momen-momen tertentu. Bagi Anda yang penasaran dengan makanan khas Betawi, berikut ini adalah masakan khas tanah para Jawara yang direkomendasikan untuk Anda coba.

Sayur babanci

Sayur babanci
Sayur babanci

Bila Anda pernah hadir dalam resepsi pernikahan adat Betawi tentu sudah pernah melihat dan merasakan sayur babanci. Ya, kuliner yang satu ini memang kerap disajikan pada acara-acara dengan tema khusus. Masakan ini terbuat dari komposisi bahan berupa sayuran, daging sapi, kelapa muda, dan petai. Bagi Anda pecinta pedas, siraman kuahnya begitu cocok di lidah. Meski sering dijumpai pada acara hajatan adat Betawi, penjual kuliner ini dapat dikatakan sudah cukup jarang.

Pecak lele

Pecak lele
Pecak lele

Masyarakat asli Betawi bisa dibilang akrab dengan olahan makanan berbahan dasar ikan lele. Salah satu kuliner yang menjadi icon orang Betawi adalah pecak lele. Bukan seperti hidangan ikan lele pada umumnya, masakan ini cukup unik dari segi cara penyajiannya. Hal ini dikarenakan adanya campuran bahan tambahan berupa saus kacang, air asam jawa serta santan. Bagaimana? tentu sudah terbayang seberapa lezatnya masakan ini bukan?

Nasi ulam

Nasi Ulam Betawi
Nasi Ulam Betawi

Bukan hanya Jawa Barat yang terkenal dengan masakan berbahan dasar nasi. Makanan khas Betawi juga ada yang terbuat dari nasi sebagai bahan bakunya. Jenis kuliner yang banyak digemari oleh orang Betawi ini diberi nama nasi ulam. Proses pembuatan masakan ini dilakukan dengan cara mengkukus nasi bersama bahan rempah-rempah lainnya. Seperti dedaunan salam, serai dan juga lengkuas. Tidak hanya itu, tambahan serundeng tentu akan membuat cita rasanya lebih khas.

Kerak telor

Dibandingkan dengan kuliner khas Betawi lainnya, kerak telor mungkin adalah yang paling populer dan eksis. Sejak zaman dahulu hingga era millenial seperti sekarang, makanan ini masih digemari oleh warga Jakarta. Alasan masakan ini cukup digemari oleh banyak orang adalah karena sensasi rasanya yang gurih.

Kerak telor betawi
Kerak telor betawi

Gurihnya makanan ini tidak terlepas dari bahan dasarnya yang berupa telur ayam atau bebek, beras ketan. Selain itu, masih ada ebi yang disangrai, bawang goreng serta taburan bumbu kelapa. Jika ingin mencoba kuliner Betawi ini, Anda tidak perlu khawatir karena masih banyak penjual mulai dari kaki lima hingga restoran yang menjajakannya.

Kue rangi

Satu lagi jajanan khas Betawi yang diakui kelezatannya adalah kue rangi. Kue ini terbuat dari komposisi bahan berupa campuran tepung sagu serta kanji. Kemudian, dipanggang menggunakan cetakan khusus dengan dibubuhi oleh kelapa parut. Setelah itu, sensasi manis dan legitnya akan semakin terasa dengan olesan gula merah.

Kue rangi betawi

Jika Anda merasa belum cukup manis bisa juga ditambahkan dengan potongan buah nangka, durian dan nanas. Tidak sekedar manis, campuran berbagai bahan tersebut juga akan membuat kue ragi menjadi beraroma lebih harum. Dengan demikian, semakin menggugah seleara Anda tentunya. Akan tetapi, sayangnya untuk mencicipi kuliner ini sekarang cukup sulit karena penjualnya di Jakarta sudah semakin sedikit.

Kue cente manis

Kue cente manis

Kue cente manis merupakan makanan khas Betawi yang sayang jika Anda lewatkan. Jajanan pasar ini terbuat dari bahan baku berupa santan, gula, tepung hunkwe, sagu mutiara. Melalui berbagai bahan tersebut tidak heran apabila cita rasanya begitu manis.

Disamping itu, teksturnya yang kenyal dan lembut tentu membuat Anda tergoda untuk mencicipinya. Para penjaja kue ini memang sudah mulai jarang ditemui tetapi proses pembuatan secara mandiri masih mungkin dapat dilakukan.

Nah, dari sekian masakan khas Betawi di atas, mana yang hendak Anda cicipi untuk pertama kalinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *